Penjelasan Tentang Resistor

          Puji syukur kehadirat tuhan, akhirnya blog ini jadi juga. untuk mengawali posting, kali ini saya akan share tentang penjelasan RESISTOR atau sebagian orang menyebutnya dengan istilah TAHANAN atau RESTAN. komponen ini merupakan yang paling banyak di pasang pada alat elektronik mulai dari audio player, video player, Hardware komputer, Handphone dan masih banyak lagi. Dinamakan demikian karena ia berfungsi sebagai penahan arus sementara sebelum di proses dan di salurkan pada komponen lainnya.


Resistor ini memiliki banyak bentuk dan jenis, berikut ini beberapanya :
  • FIXED RESTAN ( Tahanan Tetap )
  • Resistor Variabel
  • Potensiometer
Pada dasarnya jenis di atas memiliki sifat yang sama yakni menahan arus listrik sementara. tetapi pada poin kedua dan ketiga memiliki kelebihan karena ketahananya dapat di ubah. di bawah ini penjelasan tentang jenis resistor.

1. FIXED RESTAN
     Alat ini bentuknya kecil dan memiliki gelang bervariasi. gelang - gelang warna ini menunjukkan besar dan kecilnya suatu tahanan. dan memiliki 2 buah kaki pada ujungnya, ia tidak memiliki kutub positif dan kutub negatif sehingga pemasangannya boleh terbalik, asalkan nilainya sama dengan nilai yang tertera pada PCB atau skema.
     Alat ini terbuat dari bahan arang sehingga arus yang ada dalam resistor tetap tidak dapat di ubah-ubah lagi. bila nilai ohmnya tidak sesuai dengan arus yang masuk " lebih besar arus dari nilainya " maka komponen ini akan terbakar dan tidak berfungsi lagi. agar tidak salah dalam pemasangan anda harus tahu simbol yang di gunakan untuk resistor seperti pada gambar di bawah :


Sedangkan bentuk fisiknya adalah seperti di bawah ini :





Selanjutnya setelah anda mengenal bentuk simbol dan fisiknya, anda harus mengenal gelang warna yang ada pada komponen ini. karena hanya dari warna itulah kita tahu berapa nilai dari resistor tersebut,...
di bawah ini adalah tabel warna pada resistor :




2. RESISTOR VARIABEL

        Prinsip kegunannya hampir sama dengan resistor jenis fixed restan , ia pun dapat menahan arus untuk sementara waktu . tetapi daat di perbesar dan sebaliknya nilai ohm yang ada. bila kita ingin mengubah nilai ohm yang adacukup dengan ngetrim pakai obeng. Bentuk fisik berbeda dengan resistor jenis fixed restan, komponen ini memiliki 3 kaki dan berbentuk kotak tipis. pada bagian tengah terdapat celah yang berguna untuk penempatan obeng ketika memutar.
       Untuk jelasnya berikut ini bentuk fisiknya :




3. POTENSIOMETER

       potensiometer masuk dalam komponen RESISTOR karena sifatnya menahan arus, tetapi dapat di ubah nilai ohmnya, bisa di katakan komponen ini memiliki sifat adjustable manual resistor.
       jenis komponen ini biasanya berada pada audio player untuk mengatur volume, bass, treble dll.  untuk lebih jelasnya berikut ini gambar dari potensiometer



1 komentar: